5 Bahaya yang Dapat Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel

Bahaya yang Dapat Timbul Jika Tidur Dekat Ponsel 

Mediawana.com - Bahaya Meletakkan HP Dekat Kepala Saat Tidur tentunya ini sangat menggannggu tidur Anda apa lagi jika terlalu sering atau bahkan setiap malam meletakkan HP atau ponsel dekat dengan Anda. 

Padalah, hal seperti ini bisa saja membuat Anda kesulitan untuk tidur dan menjadi insomnia. Selain itu juga berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Di sekarang ini memang jaman sudah semakin canggih dan tidak lepas dengan yang namanya HP atau Smarphone.

Namun taukah Anda bahwa Meletakkan HP Dekat Kepala Saat Tidur itu merupakan hal yang buruk loh, bahkan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Lalu bagaimana cara menghindarinya?. 

Pada malam hari  dan Anda hendak ingin tidur atau beristirahat, Anda harus menghindari berbagai macam yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Lalu bahayanya apa saja?. Berikut lima Bahaya Meletakkan HP Dekat Kepala Saat Tidur.

1.  Mengurangi Konsentrasi

Apakah Anda sering meletakan Hp atau Smarphone saat ingin tidur? atau memang sengaja Anda meletakan dibawah bantal?. Jika memang benar, lalu apa alasan Anda menyimpannya didekat bantal atau dekat dengan Anda?.

Apakah agar mudah dijangkau?, atau agar alarm terdengar dengan jelas?.

Menurut penelitian, ponsel jenis apapun dapat mengeluarkan radiasi loh, yaitu radiasi elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda dan menyebabkan kurangnya kosentrasi sehingga Anda kesulitan dalam tidur.


2. Sel Otak Terganggu

Jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan terganggunya sel otak loh.

Menurut WHO atau World Health Organization menjelaskan bahwa radiasi pada ponsel atau hp dapat mempengaruhi susunan saraf manusia.


3. Dapat Menimbulkan Ledakan

Ponsel atau hp yang disimpan atau diletakan dibawah bantal dapat menyebabkan ponsel memicu atau menimbulkan ledakan, kok bisa?. karena tempat yang rapat dan tertutup ponsel akan hangat sampai memanas yang berakibatkan fatal.

Namun ada yang lebih bahaya selain menimbukan panas, yaitu jika Anda meletakan dibawah bantal maka akan mengakibatkan ponsel Anda tertekuk atau tertindih yang mengakibatkan konsleting listrik dari baterai yang akan menimbulkan ledakan dan sangat membahayakan.

 

4. Kesulitan Tidur

Jika Anda menggunakan Hp atau Smartphone sebelum tidur juga dapat mengurangi kualitas tidur Anda, karena pada layar HP atau Smartphone memancarkan sinar biru yang dapat mengganggu mata dan nantinya Anda akan kesulitan untuk tertidur dan kualitas tidur Anda menjadi terganggu.

Lalu bagaimana cara menghindarinya. Mudah saja, cukup hindari penggunaan HP sebelum Anda tidur minimal 30 menit sebelum Anda tidur.

 

5. Mengganggu Kualitas Tidur

Tidur bersebelahan dengan HP atau Smartphone juga sangat tidak baik untuk kesehatan, selain itu notifikasi juga akan mengganggu otak dalam istirahat, dan terkadang membuat Anda terbangun dan menggunakan HP hingga akhirnya Anda kesulitan untuk tidur kembali. dan mengurangi waktu tidur Anda yang mengakibatkan lelah dan mengantuk saat siang harinya, sehingga waktu siang Anda menjadi kurang optimal.


Cara Menghindari atau Meminimalisir Radiasi pada HP

Barikut ini bagaimana Cara Menghindari atau Meminimalisir Radiasi pada HP, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Pastikan menyimpan ponsel atau benda elektronik jauh dari tempat tidur Anda.

2. Sebelum tidur pastikan Anda menggunakan mode airplane (Mode Pesawat) atau lebih baik matikan ponsel saat Anda ingin tidur.

3. Gunakan Mode Hening pada HP Anda saat ingin tidur agar notifikasi pesan dari HP tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

4. Jika Anda ingin menelpon dalam waktu yang lama, baiknya gunakan hands-free atau headset atau speaker agar radiasi tidak langsung mengenai telinga dalam waktu yang lama.

5. Usahakan jangan  barmain HP terlalu lama dan tidak terlalu dekat dengan mata, karena paparan sinar biru dalam mengurangi kualitas tidur dan juga dalam membuat mata menjadi cepat lelah


Kemajuan teknologi sangat membantu aktivias Anda. Namun, sangat disarankan tetap gunakan HP dengan cara tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik dan menekan risiko bahaya radiasi HP yang dapat memicu gangguan pada kesehatan.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال