Pengertian Bluetooth : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Pengertian Bluetooth : Fungsi dan Cara Kerjanya


Mediawana.com – Bluetooth adalah teknologi yang sudah lama dikenal dan digunakan oleh semua orang dalam hal mengirim dan menerima file atau data baik itu gambar ataupun berkas lainya. 

Bluetooth adalah peralatan media komunikasi yang bisa dipakai untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi yang lainnya, pada umumnya Bluetooth digunakan di handphone, komputer, dan masih banyak lagi.

Bluetooth sangat memudahkan para penggunanya untuk menghubungkan setiap perangkatnya. 

Tapikan cuma buat ngirim file doang ?

Eitss siapa bilang ?

Jika Anda berfikir seperti itu Anda salah. Bluetooth tidak hanya untuk mengirim file saja loh. 

Bluetooth juga digunakan untuk menghubungkan perangkat audio dan alat lainya. Seperti Headset Bluetooth, Speaker Bluetooth, Keyboard Bluetooth dan masih banyak lagi loh.

Untuk lebih lengkapnya silakan baca penjelasan dibawah ini.

Pengertian Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi komunikasi wireless yang artinya yaitu tanpa kabel. Ya benar wireless dapat diartikan tanpa kebel.

Kok bisa ya tanpa kabel? ya itulah namanya teknologi. apa saja sih teknologi yang tanpa kabel ?

sebagian besarnya adalah Wifi, Radio, Inflamerah dan masih banyak yang lainya.

Oke kita kembali lagi ke Bluetooth, Bluetooth adalah teknologi komunikasi wireless yang artinya yaitu tanpa kabel yang bekerja dengan menggunakan frekuensi 2,4 GHz kalau kamu belum tau apa itu GHz tenang, GHz itu kepanjangan dari gigahertz.

Frekuensi ini mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara dari host ke host bluetooth dengan jarak jangkauan yang terbatas.Jangkauan Bluetooth yaitu 10 Meter.

Jadi jika Anda ingin menerima atau mengirim sebuah data file atau berkas, baik itu dokumen, audio, video, ataupun yang lainya Anda dapat memanfaatkan teknologi Bluetooth. Selain mudah digunakan dan tentunya menjadi kepraktisan tersendiri.

Selain untuk menerima atau mengirim file, Bluetooth juga dapat digunakan untuk keperluan yang lainya loh. Seperti Mouse atau tetikus, Keyboard, Speaker, Headset, dan masih banyak yang lainya.


Kelebihan Bluetooth

Lalu apa saja kelebihan dari Teknologi Bluetooth ? apakah sangat membantu dan mempermudah Anda dalam melakukan mobilitas data?. Berikut Kelebihan Bluetooth.

  • Dapat menembus dinding atau halangan lainnya
  • Tidak memerlukan kabel untuk menggunakannya
  • Dapat dipakai sebagai perantara modem
  • Dapat dengan mudah singkronisasi data dari Handphone ke komputer atau laptop
  • Praktis dan mudah serta nyaman dalam penggunaanya


Kekurangan Bluetooth

  • Kecepatan dalam transfer data tidak tetap yang artinya kecepatan Bluetooth dapat berubah-ubah
  • Jika terlalu banyak yang menggunakannya disekitar maka akan sulit menemukan Bluetooth yang dituju
  • Tidak direkomendasikan mengirim file yang besar


Kesimpulan

Kita memahami bahwa Bluetooth adalah teknologi yang dapat memudahkan Anda dalam Transfer data file atau menghubungkan dengan perangkat lainya, Karena Bluetooth menggunakan frekuensi wireless maka sangat nyaman digunakan, karena tidak perlu menggunakan kabel untuk menggunakannya dan meminimalisir menumpuknya lilitan kabel.

Berikut adalah Pengertian Bluetooth : Fungsi dan Cara Kerjanya semoga dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda dan semoga membantu serta menemukan jawaban yang tepat untuk Anda. Terima Kasih

Baca Juga : Pengertian sistem operasi dan jenis-jenis sistem operasi


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال