Pengertian Komunikasi, Jenis Komunikasi, dan Tujuan Komunikasi

 Pengertian Komunikasi : Komunikasi Adalah

Mediawana.com - Komunikasi adalah proses berbagi informasi, ide, pandangan dan fakta. Sehingga dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya, baik itu secara langsung atau secara tidak langsung.

Komunikasi bisa diartikan sebagai proses penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih.

Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya melakukan komunikasi dan gotong royong, Berikut informasi mengenai Pengertian Komunikasi, simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Komunikasi

Apa pengertian komunikasi?. seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa komunikasi adalah kegiatan bertukan ide, gagasan ataupun informasi lainya, baik secara tertulis ataupun tidak.

Komunikasi menurut para ahli adalah bahwa ketika melakukan komunikasi maka kita harus mewujudkan persamaan antara kita dengan orang lain. Sehingga kita mengetahui bahwa komunikasi itu adalah suatu proses yang bersifat dinamis.


Fungsi Komunikasi

Fungsi Komunikasi

Lalu Tujuan komunikasi itu untuk apa sih?. Pada dasarnya komunikasi adalah kegiatan yang saling bertukar pesan atau informasi tertentu. Berikut informasi mengenai fungsi dari komunikasi.

1. Alat Komunikasi

Dengan melakukan komunikasi, baik tertulis ataupun tidak, maka dari penerima ataupun pemberi (informasi) akan saling bertukar informasi tertentu, sehingga dapat memberikan informasi kepada orang baik itu kelompok ataupun tidak, dengan melakukan kegiatan komunikasi, maka proses pengambilan keputusan dan aktivitas dapat dilakukan dengan baik.

2. Saling Mengenal

Selain untuk bertukar informasi, juga bertujuan untuk saling mengenal dan memahami. mendengar dan membaca dalam kegiatan komunikasi.

3. Sebagai Motivasi

Komunikasi juga memiliki fungsi yang lain loh, seperti untuk Motivasi atau motivator. Semakin pandai dalam melakukan komunikasi  yang positif tentu akan memiliki jiwa sebagai motivator yang baik.

4. Sebagai pengendali

Kok sebagai pengendali?. Ya benar, tujuan lain dari komunikasi yaitu sebagai pengendali, yang artinya komunikasi itu harus berperan penting untuk mengendalikan atau mengontrol perilaku seseorang, baik berkelompok ataupun individu.

 

Manfaat Komunikasi 

Manfaat Komunikasi
 

Komunikasi memiliki banyak sekali manfaat. terutama dalam hal untuk bertukar informasi. Berikut penjelasan mengenai Manfaat Informasi.

1. Menyampaikan Informasi

Dengan adanya komunikasi, setiap orang atau penerima akan mengetahui informasi tertentu, seperti informasi mengenai berita, tugas, ide, pendapat dan masih banyak yang lainnya.

2. Munculnya Sikap Sosial

Selain itu manfaat dari komunikasi adalah menyampaikan dengan ekspresi, sehingga akan membantu mengembangkan atau meningkatkan sikap sosial baik dengan keluarga atupun dengan orang sekitarnya.

3. Menyalurkan Dukungan

Jika komunikasi berjalan dengan baik, tentunya akan menyalurkan dukungan terhadap sesama, dan saling mendukung menggunakan komunikasi ataupun ekspresi.

4. Menjalin Silaturahmi

Manfaat lain dari komunikasi yaitu menjalin hubungan dengan yang lain atau menjalin silaturahmi sehingga terciptanya saling menghargai dan saling membantu dengan sesama.

 

Jenis Komunikasi

Jenis-jenis komunikasi

Ternyata komunikasi memiliki beberapa jenis loh. Berikut jenis-jenis dari komunikasi.

1. Komunikasi Tertulis

Komunikasi Tertulis adalah komunikasi yang dilakukan melalui surat, E-mail, WhatsApp, Line, dan media yang lainnya.

2. Komunikasi Lisan

Komunikasi Lisan adalah komunikasi yang dilakukan secara langsung, atau dengan cara bertatap langsung, seperti berbicara, wawancara, seminar, rapat, diskusi, voting dan masih banyak yang lainnya.

3. Komunikasi Nonverval

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh atau gerak tubuh dan juga menggunakan ekspresi wajah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, contohnya seperti tersenyum, menaikan alis, mengedipkan mata, melambaikan tangan, dan menggunakan gestur tubuh.

4. Komunikasi Visual

Komunikasi Visual adalah komunikasi yang menggunakan gambar, foto, sketsa, ataupun menggunakan grafik. Karena ada beberapa orang yang merasa sangat terbantu dengan menggunakan komunikasi visual untuk memahami ide dan informasi.

 

Kesimpulan dan Penutup

Komunikasi memiliki perang yang penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan komunikasi kita dapat saling bertukar ide, gagasan, ataupun informasi mengenai hal tertentu.

Komunikasi juga dapat bermanfaat untuk menjalin hubungan baik antar sesama dan menumbukan rasa empati terhadap orang lain.

Dengan melakukan komunikasi informasi akan selalu tetap tersampaikan baik dengan lisan ataupun tidak. dan menumbukan sikap sosial.

 

Baca Juga : Pengertian Software, Jenis dan cara kerjanya

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال