Mengenal Big Data Serta Peran Pentingnya

Mengenal Big Data Serta Peran Pentingnya

Mediawana.com - Big data Merupakan kumpulan proses yang terdiri dari volume data dalam jumlah yang besar serta terstruktur maupun tidak terstruktur dan biasa digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Big data juga merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya. 

{getToc} $title={Daftar isi}

Ada sedikit perbedaan yaitu proses kecepatan, volume, serta jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariatif dibanding dengan DBMS atau Database Management System pada umumnya.

Pengertian Big Data

Apa yang disebut dengan big data?. Big Data sendiri adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik itu data yang terstruktur ataupun data yang tidak terstruktur. Big Data dapat dianalisis untuk wawasan yang memiliki tujuan pada pengambilan keputusan serta strategi bisnis yang lebih baik.

Big Data juga  merupakan himpunan data dalam jumlah yang besar yang tidak dapat diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konvensional.

Karakteristik Big Data

Big Data memiliki 3 karakteristik yaitu.

  • Volume Big Data memiliki volume data yang besar. Menurut widyaanalytic.com pada tahun 2012 kita dapat menghasilkan 2,3 triliun Gigabytes data data setiap harinya. Jika data tersebut dibuat dalam kepingan DVD (Digital Versatile Disc) dan kita susun kepingan DVD tersebut, maka akan setara dengan jarak bumi ke bulan dan kembali lagi ke bumi.
  • Variety adalah sekumpulan data yang bervariasi. Variety  atau varietas adalah variasi jenis data seperti teks, foto, video dan lainnya.
  • Velocity adalah pertumbuhan data yang sangat tinggi dan cenderung bersifat real time.

Mengapa Big Data Penting?

Mengapa Big Data Penting

Apakah Big Data ?. Big Data menjadi penting jika Anda tahu bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkannya.

Pada dasarnya Big Data menarik perhatian para pebisnis besar untuk menginvestasikan uang mereka di sana. Maka dari itu, para pebisnis melihat peluang dari sisi menarik dari Big Data. Bagi yang paham, Big Data memungkinkan seseorang untuk menemukan jawaban-jawaban untuk beberapa masalah seperti:

1. Pengurangan terhadap biaya
2. Pengurangan waktu
3. Pengembangan produk baru
4. Pengambilan keputusan yang cerdas dan efiensi

Big Data hampir digunakan pada setiap industri di Indonesia terutama di era industri 4.0 sekarang ini. Beberapa perusahaan di Indonesia sudah banyak yang telah memanfaatkan Big Data untuk keperluan bisnis mereka.

Misalnya seperti kredivo, yang menjadikan analisis Big Data sebagai dasar untuk penilaian kredit di aplikasi yang mereka punya. Tidak hanya itu saja beberapa perusahaan berbasis IT-tech lainnya seperti Gojek, Grab, OVO, juga menggunakan Big Data entah itu untuk keperluan penawaran produk ataupun untuk menjawab permasalahan yang mungkin saja terjadi.

Baca Juga : Pengertian Gigabita

Konsep Big Data

Konsep Big Data merupakan aktivitas pengumpulan semua data yang dihasilkan lalu mengolahnya dengan tepat agar dapat memberikan value yang diharapkan. 

Konsep Big Data memiliki tiga hal berikut, diantaranya adalah.

  • Integrasi Data
  • Pengelolaan Data
  • Analisis Data

1. Integrasi Data

Integrasi data yaitu proses untuk mengumpulkan seluruh data yang sudah dibuat sehingga menjadi big data. Misalnya seperti, data website toko online yang berasal dari registrasi atau pendaftaran akun, daftar wishlist, dan lainnya.

2. Pengelolaan Data

Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?. Artinya adalah setiap data yang dihasilkan dapat dikelola dengan tepat, baik pada saat menyimpan atau mengaksesnya. Maka dari itu, diperlukanlah sebuah ruang penyimpanan yang cukup besar serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

3. Analisis Data

Analisis data. Yaitu, data yang sudah disimpan dan dikelompokkan sesuai dengan jenisnya dapat dianalisa untuk kebutuhan lebih lanjut.

Fungsi Big Data

Dalam dunia bisnis, Big Data digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari setiap transaksi yang terjadi. data inilah yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai informasi penting untuk mengenal kebutuhan pelanggannya.

Apa peran Big Data

Pernah tidak Anda bertanya-tanya ?. Apa sih sebenarnya fungsi dan peran Big Data ?.

Big Data dapat membantu perusahaan untuk berinovasi dengan cara mempelajari dan memahami hubungan antara manusia, lembaga, dan juga entitas. Dari hubungan tersebut perusahaan dapat menggunakan data insight untuk mengambil keputusan tentang pertimbangan keuangan dan strategi.
Insight sendiri adalah sebuah nilai hasil dari penemuan pola dan tren yang didapatkan dari data yang terkumpul (analisis),

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال