Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat Beserta Cara Kerjanya

Mediawana.com - Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan komputer yang digunakan  untuk melindungi komputer dari berbagai ancaman serangan komputer luar. Dengan adanya firewall, diharapkan dapat melindungi data pada komputer atau server web yang terhubung tidak akan bisa diakses oleh siapapun di Internet.

Bagaimana cara kerja sehingga dapat melindungi sebuah komputer?.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali ancaman dalam dunia digital, terutama dalam jaringan internet, dengan kehadiran firewall, diharapkan dapat membantu dan melindungi data Anda pada komputer dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Pengertian Firewall

Firewall merupakan pengertian dari Tembok api, tembok pelindung atau dinding api adalah suatu sistem yang dibangun atau dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.

Firewall ini dapat melindungi dan menjaga semua sistem internal komputer dari ancaman hacking yang mungkin saja dapat mencuri data pribadi dan data privasi lainnya. 

Dengan adanya firewall, Anda dapat menentukan sendiri arus keluar masuk dari jaringan internet ke dalam server komputer ataupun sebaliknya. Firewall ini hanya salah satu sistem keamanan yang sudah terpasang otomatis dalam perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Fungsi Adanya Firewall

fungsi firewall 

Ada banyak sekali fungsi keunggulan dan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna (User) agar tetap aman dalam mengakses halaman situs. Simak selengkapnya.

1. Melindungi Data dari Serangan Hacker

Jika Anda sering kali mengakses internet dan tidak memperhatikan aktivitas lalu lintas Anda. Bisa saja, semakin besar peluang Anda untuk terkena peretasan data yang dilakukan oleh hacker (orang yang tidak bertanggung jawab) untuk mendapatkan informasi penting yang Anda miliki.

Untuk dapat mencegah terjadinya hal tersebut, maka diperlukan untuk mengaktifkan sistem perlindungan dari firewall tersebut, agar Anda tetap dapat berselancar di internet dengan nyaman dan aman tanpa mengkhawatirkan lalu lintas Anda.

2. Monitoring Bandwidth

Firewall juga dapat berfungsi untuk membatasi dan mengawasi layanan bandwidth yang bisa digunakan. Selanjutnya, Anda juga dapat menetapkan batasan untuk setiap konten berupa gambar, video, musik, atau hiburan lain. Anda juga dapat menentukan sendiri konten yang sesuai dengan minat dan keinginan Anda, contohnya konten di bidang bisnis dan IT.

Bandwidth sendiri adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu.

3. Mencegah Bocornya Informasi

Fungsi lainya pada firewall tidak hanya sekedar mencatat aktivitas pengguna. Firewall juga dapat mencegah bocornya informasi yang berharga. Misalnya, firewall akan mencegah pengguna mengirim file berharga yang sifatnya konfidensial atau rahasia ke pihak lain tanpa disadari.

4. Menjadi Pos Keamanan Jaringan

Firewall pada jaringan komputer mampu mengontrol dan mengawasi lalu lintas data Anda ketika mengakses jaringan privat yang dilindungi. Seluruh lalu lintas baik itu yang keluar atau masuk, jaringan harus melewati firewall terlebih dahulu.

Fungsinya adalah agar dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baik dengan cara menyaring (filter), membatasi atau bahkan menolak. Firewall sendiri yang akan bekerja menurut kriteria seperti alamat IP dari komputer sumber, Port TCP/UDP sumber, alamat IP dari komputer tujuan, Port TCP/UDP tujuan, dan juga informasi yang berasal dari header. 

5. Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat digunakan untuk memfasilitasi koneksi VPN.(Virtual Private Network). Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mengakses jaringan internal Anda. Anda dapat mengakses konten atau website yang sedang ditutup aksesnya atau diblokir oleh pihak tertentu. Hal ini tentunya bisa meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan data sharing.

Baca Juga : Pengertian Enkripsi Beserta Cara Kerja Enkripsi

Manfaat Penggunaan Firewall

Berikut ini, adalah manfaat penggunaan firewall pada perangkat yang kamu gunakan saat ini, diantaranya adalah.

1. Melindungi Data Pribadi

Manfaat yang pertama dan yang paling penting dari menggunakan firewall ini yaitu dapat melindungi data pribadi kamu. Hacker dapat mengambil data pribadi kamu hanya dengan melihat IP Address dari perangkat yang kamu digunakan atau ketika kamu sedang mengakses jaringan internet di tempat umum seperti cafe, mall, stasiun, dan lainnya.

2. Mengatur Akses Konten yang Masuk

Bagi Anda yang tinggal serumah dengan anak di bawah umur, firewall sangat berguna sekali  untuk mengatur dan memfilter akses konten yang masuk ke dalam perangkat yang mereka gunakan. Anda bisa memblokir akses konten yang bersifat tidak baik untuk anak-anak secara manual.

3. Keamanan Lebih Terjamin Saat Menjelajahi Internet

Selain itu, manfaat penggunaan firewall memang sudah seharus ada ketika kita menggunakan internet, misalnya jika Anda ingin membeli suatu produk menggunakan layanan Toko Online pastinya jaringan Anda saat transaksi harus ada yang melindunginya.

Oleh karena itu, dengan mengaktifkan firewall dan juga lebih baik lagi jika Anda memasang Anti Virus pada perangkat yang digunakan, keamanan akan lebih terjamin.

Baca Juga : Mengenal ISPConfig, Kelebihan dan Fungsi ISPConfig

Cara Kerja Firewall

Cara Kerja Firewall

Bagaimana cara kerja firewall ?. Firewall bekerja dengan cara membatasi komputer pribadi dengan jaringan internet. Firewall bekerja seperti penjaga keamanan di depan gerbang rumah dan mengidentifikasi pengunjung yang datang.

Selain itu firewall juga menyaring dan mengawasi penyusup yang berusaha memasuki komputer pribadi. Firewall bekerja seperti garda pertahanan terdepan untuk menahan segala usaha hacking yang masuk ke dalam komputer.

Ada tiga cara yang dapat digunakan firewall untuk mengamankan jaringan internet Anda. Firewall dapat menggunakan satu, dua, atau ketiganya untuk mengamankan jaringan. Simak selengkapnya penjelasan berikut.

1. Packet Filtering (Stateless)

Dengan menggunakan Packet Filtering Setiap packet diperiksa secara sendiri-sendiri. Jika packet dikirim dalam grup, maka setiap packet akan diperiksa secara satu per satu.

Ketika sebuah packet dianggap berbahaya maka ia takkan diijinkan masuk. Namun sebaliknya, ketika packet tersebut dianggap aman maka dia akan diteruskan ke sistem yang memintanya.

2. Proxy Service

Yaitu aplikasi yang bekerja sebagai penghubung antara sistem jaringan. Aplikasi proxy berada dalam firewall dan ditugaskan untuk memeriksa packet yang saling ditukarkan dalam jaringan.

Proxy server merupakan salah satu alat yang umumnya digunakan untuk meningkatkan keamanan perangkat pengguna saat sedang mengakses internet. Seperti sekolah dan perusahaan tempat Anda bekerja.

3. Stateful Inspection

Pada sistem Stateful Inspection berfungsi untuk menelusuri packet yang diterima dengan aktivitas (lalu lintas data) sebelumnya. Packet yang diterima kemudian diperiksa dalam database packet. Jika packet tersebut berkonotasi positif atau tidak menunjukkan risiko bahaya, maka packet tersebut akan diteruskan ke sistem yang meminta.

Firewall ini memiliki cara kerja yang efektif untuk melakukan filtering paket data yang masuk dan verifikasi proses TCP handshake sehingga meningkatkan keamanan firewall secara ganda.

Firewall adalah hal yang wajib diterapkan dan digunakan sebelum mengakses internet. Elemen ini memastikan Anda dapat berselancar di internet tanpa khawatir terpapar virus atau mengalami pencurian data.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال