Pengertian Lapisan Taut Data

  

Mediawana.com - Lapisan Taut Data (Data Link Layer) adalah lapisan kedua dari bawah pada model OSI. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection, yang memungkinkan pertukaran informasi antara jenis sistem komunikasi komputer.

{getToc} $title={Daftar isi}

Lapisan Taut Data atau Data Link Layer difungsikan untuk dapat melakukan konversi setiap frame dalam jaringan yang berisi data yang dapat mendeteksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang gagal.

Pada  MAC Address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), Switch Layer 2 dan Bridge jaringan  juga beroperasi disini.

Layanan yang ditawarkan lapisan taut data yaitu pentransferan data melalui saluran fisik, pentransferan data tersebut mungkin dapat diandalkan atau tidak.

Pada beberapa protokol lapisan data-link tidak mengimplementasikan fungsi Acknowledgment untuk sebuah frame yang sukses diterima dan beberapa protokol bahkan tidak mempunyai fitur pengecekan kesalahan transmisi (dengan menggunakan checksumming).

Tujuan Lapisan Taut Data

Tujuan dari Lapisan Taut Data atau data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi data mentah dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi.

Sebelum diteruskan ke Network Layer, Lapisan Taut Data atau Data Link Layer melaksanakan tugasnya yang memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi sejumlah data frame (biasanya berjumlah ratusan atau ribuan byte).

Fungsi Lapisan Taut Data

Lapisan Taut Data

Fungsi utama pada Lapisan Taut Data atau Data Link Layer ini adalah untuk sarana dan prasarana transmisi data mentah dan mentransformasi data ke arus yang terbebas dari kesalahan transmisi .

Sebelum diteruskan ke network layer, lapisan data link ini menjalankan tugas dengan sistem memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi beberapa jumlah data frame atau biasanya memiliki jumlah ratusan bahkan sampai ribuan byte.

Belakang lapisan data link mentransmisikan frame secara berurutan dan memproses acknowledgement frame yang dikirim kembali oleh penerima.

Karena lapisan fisik menerima serta mengirim arus bit tanpa mengindahkan guna atau arsitektur frame, maka tergantung pada lapisan data-link ini lah yang dapat membuat dan mengenali batas-batas frame itu. Hal ini dapat dimainkan dengan metode menambahkan bit khusus ke awal dan yang belakang sekali frame.

Baca Juga : Pengertian Routing, Jenis Routing dan Fungsi Routing

Fungsi Spesifik Lapisan Taut Data

Pada dasarnya layer ini mengonversikan data kedalam bentuk data frame dan bit. Secara spesifik layer ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  • Mengubah paket ke dalam bentuk bit 1 atau 0 (biner) pada mesin pengirim dan mengembalikan bit-bit ke dalam paket pada mesin penerima (tujuan).
  • Menangani proses frame data di antara Network layer dan Physical layer.
  • Menerima paket data dari Physical Layer (ke dalam frame data) yang kemudian dihantarkan kepada Network layer.
  • Bertanggung jawab atas keutuhan dan kelengkapan pada frame yang ditransfer kepada komputer lain dengan melintasi Physical layer.
  • Menetapkan metode yang diperlukan untuk mentransmisikan dan menerima data dalam jaringan.

Layanan Pada lapisan Taut Data

Seperti yang pernah di jelaskan diatas, Bahwa fungsi dari Lapisan Tau Data/ Data Link yaitu menyediakan layanan bagi lapisan jaringan

Lapisan Data Link dapat dibuat atau dirancang sehingga dapat menyediakan bermacam-macam layanan.

Layanan aktua; yang dinegoisasikan suatu sistem akan berbeda dengan yang lainnya, terdapat 3 layanan pada bagian ini, diantaranya adalah.

Layanan unacknowledged connectionless

Pada layanan jenis ini memiliki cara kerja yang mana node sumber yang hanya mengizinkan mengirimkan sejumlah frame ke node lain yang tidak dituju dengan tidak memberikan acknowledgment bagi diterimanya frame-frame tersebut.

Layanan Acknowledged Connectionless 

Acknowledged Connectionless merupakan layanan yang tidak menggunakan koneksi, yang artinya pada setiap frame yang dikirimkan secara independent dan secara acknowledgment. Maka si pengirim akan mengetahui apakah frame (tersebut) yang dikirimkan ke mesin tujuan, telah diterima dengan baik atau tidak.

Layanan acknowledged connection-oriented

Yaitu merupakan layanan yang paling canggih dari semua layanan yang disediakan oleh lapisan data-link bagi lapisan jaringan. Dengan layanan ini, node sumber dan node tujuan membuat koneksi sebelum memindahkan datanya. Setiap frame yang dikirim tentu saja diterima.

Pengertian Flow Control

Flow Control merupakan proses untuk mengelola laju transmisi data antara dua node untuk mencegah pengirim terlalu cepat kehabisan data dan penerima lambat dalam menerima data. Flow control harus dibedakan dari kontrol kongesti, yang fungsikan untuk mengendalikan aliran data ketika kemacetan telah benar-benar terjadi.

Pengertian Error Control

Error Control adalah mekanisme yang bertujuan untuk mendeteksi serta memperbaiki kesalahan yang telah terjadi pada pentransmisian frame. Model yang akan digunakan, yang juga mencakup kasus tertentu  (khusus).

Layanan Link Layer pada Data Link

Layanan Link Layer pada Data Link

Berikut adalah Layanan Link Layer pada Data Link diantaranya adalah.

  • Framing merupakan cara pembungkusan datagram ke dalam bentuk frame sebelum ditransmisikan.
  • Physical Address frame ini didistribusikan ke sistem lainnya pada jaringan, maka dari itu data link tersebut akan menambahkan sebuah header dimuka frame untuk mendefinisikan pengirim dan penerima.
  • Flow Control Setiap node mempunyai keterbatasan Buffer sehingga layer link dapat memastikan pengiriman frame tidak lebih cepat dari pada pemrosesan frame pada receiver. Dan apabila bit rate berlebihan atau menurun maka flow control akan melakukan tindakan untuk menstabilkan bit rate.
  • Access Control jika perangkat terhubung dengan link yang sama pada lapisan data link perlu menentukan perangkat mana yang akan di kontrol pada saat tertentu.
  • Link akses merupakan hal yang berhubungan dengan protokol kontrol akses media yang mengatur bagaimana frame dikirimkan ke tautan.
  • Reliable Delivery ini merupakan pengiriman yang handal dan terkordinasi yang  menjamin pengiriman datagram melalui link tanpa adanya error.
  • Error control apabila jika data link menambahkan physical layer reliability dengan penambahan mekanisme deteksi dan transmisi ulang frame yang gagal.
  • Error Detection ini merupakan bit error karena atenuasi sinyal pada link, namun hal ini tidak meminta frame reset dan frame yang salah akan ditinggalkan atau dibuang.
  • Error Corection memberikan layanan tidak hanya mendeteksi tetapi juga mengoreksi dan melihat kesalahan dan juga tidak semua protokol bisa berfungsi dan semua itu tergantung pada protokol yang digunakan.

Perangkat pada Data Link

Lapisan Taut Data atau seringkali di sebut dengan Data Link Layer yang merupakan sebuah lapisan yang sifatnya logic, artinya tidak dapat dilihat dan juga digunakan secara fisik, namun  data link layer memiliki hubungan yang cukup erat dengan beberapa perangkat keras jaringan. Yaitu network Card, yang merupakan bagian penting dari sebuah data link layer, terutama dalam menyediakan MAC Address yang digunakan untuk proses pengalamatan secara fisik.

Selain itu, ada beberapa perangkat keras jaringan komputer lainnya yang bekerja sama dengan lapisan data link layer ini. Seperti Bridge dan switch yang merupakan perangkat keras jaringan komputer yang bekerja secara fisik dan memiliki keterlibatan dengan data link layer. Hal ini sesuai dengan fungsi dari bridge dan switch itu sendiri yang berfungsi sebagai.

  • Memecah - mecah jaringan yang terdiri dari satu server ke dalam beberapa user yang merupakan proses transmisi data, dimana data link layer tersebut merupakan layer atau lapisan ke - 6.
  • Kemudian menggabungkan sebuah jaringan menjadi satu jaringan yang besar yang merupakan proses penerimaan data, dimana data link layer dapat berperan menjadi layer atau lapisan kedua.

Pada Lapisan Taut Data dapat digunakan bridge ataupun switch layer 2 pada segment LAN (Local Are Network). Dengan segmentasi, switch dan bridge yang membuat sebuah collision domain secara terpisah untuk setiap node (mesin), sehingga jumlah collision yang terjadi pada network dapat dikurangi secara effektif.

Collision domain adalah segmen jaringan yang dihubungkan oleh media bersama atau melalui repeater yang mana transmisi data secara bersamaan bertabrakan satu sama lain. Domain tabrakan berlaku khususnya di jaringan nirkabel, dan juga mempengaruhi versi awal Ethernet.

Baca Juga : Pengertian Switch dan HUB pada Jaringan Komputer

Bridges

Bridge connection merupakan perangkat (alat) yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local Area Connection) dengan jaringan lokal yang lain.  

Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat mengbungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ethernet dengan Fast Ethernet.

Karena network yang terus berkembang dan menjadi semakin komplek, hub dan repeater tidak lagi cocok digunakan. 

Karena keduanya tidak men-segmentasi network, semua mesin yang terhubung pada hub atau repeater harus berbagi bandwidth yang sama. jika sangat memungkinkan terjadi jumlah collision yang banyak. 

Transparent bridge dibuat untuk membantu mengatasi masalah pada hub dan repeater. Transparent yang dimaksud digunakan untuk menunjukkan bahwa mesin-mesin yang berada pada network tidak menyadari adanya perangkat ini. Bridge menggunakan sebuah software untuk mem-forward frame.

Switch

Switching merupakan sebuah komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk  menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran paket baik itu menerima, memproses serta meneruskan data menuju perangkat yang lainnya.

Data frame

Lapisan Taut Data melakukan format pada pesan atau data menjadi pecahan - pecahan, yang disebut dengan Data Frame dan menambahkan sebuah header yang terdiri dari alamat perangkat keras tujuan dan asalnya.

Memecah-mecah aliran bit menjadi frame-frame jauh lebih sulit. Untuk memecah-mecah aliran bit ini, digunakanlah metode-metode khusus.

Ada empat cara langkah yang dipakai dalam pemecahan bit menjadi frame, yaitu

  1. Karakter penghitung
  2. Pemberian karakter awal dan akhir, dengan pengisian karakter
  3. Pemberian flag awal dan akhir, dengan pengisian bit
  4. Pelanggaran pengkodean Physical layer

MAC Address

Alamat MAC adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam model tujuh-lapisan OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Baca Juga : Pengertian VoIP, Fungsi dan Cara Kerja VoIP

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال