Pengertian Berkas Tumpak, Fungsi, Cara Kerja, Beserta Contohnya

Pengertian Berkas Tumpak

Mediawana.com - Berkas tumpak atau berkas tumpuk adalah berkas teks yang berisi beberapa baris perintah untuk dijalankan oleh interpreter perintah. Berkas tumpak dapat didefinisikan sebagai kumpulan perintah-perintah command line yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows. 

Umumnya Berkas tumpak berekstensi "bat" atau "cmd". 

Pengertian Berkas Tumpak

Berkas tumpak adalah berkas teks yang berisikan serangkaian baris perintah yang umum digunakan untuk memulai suatu program dan menjalankan utilitas. Berkas tumpak melakukannya dengan perintah yang biasa diperlukan, bukan perintah ganda. Mereka dapat disamakan dengan ikon cara pintas seperti yang terlihat dalam butir-&-klik sistem operasi, hanya saja berkas tumpak jauh lebih kuat.

Ekstensi .bat (titik bat) merupakan ekstensi pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk berkas tumpak. Ekstensi jenis ini berjalan pada MS-DOS dan semua versi dari Microsoft Windows. MS-DOS menggunakan command.com untuk mengeksekusi berkas tumpak, sedangkan untuk sistem Windows menggunakan cmd.exe untuk menjalankannya. 

Cara Kerja Berkas Tumpak Batch File

Pada saat berkas tumpak dijalankan, program shell yang berupa command.com akan membaca berkas tersebut dan kemudian mengeksekusi atau menjalankan perintahnya baris demi baris. 

Berkas tumpak berguna untuk menjalankan rangkaian dari beberapa perintah yang dapat dijalankan atau dieksekusi (executable) secara otomatis dan sering digunakan oleh sistem administrator untuk mengotomatisasi banyak proses secara bersamaan. Perintah berkas tumpak bersifat tak peka kapital (bahasa Inggris: case insensitive). Jadi, tidak ada perbedaan maksud antara huruf kapital dengan huruf kecil, tetapi parameter perintah dan variabel bersifat peka kapital (bahasa Inggris: case sensitive).

Fungsi Batch File

Pada saat sedang menjalankan sebagian perintah secara berulang seperti melakukan tugas rutin seperti Back up File Penting, menghapus file-file sementara (*.tmp, *.bak, ...), maka sangat melelahkan bukan? Jika kita harus mengetikkan perintah-perintah yang sama setiap kali kita akan melakukan tugas yang sama. 

Maka diperlukanlah berkas tumpak untuk mengatasi hal tersebut, sehingga setiap kali kita butuh untuk melakukan sebuah tugas tertentu dalam DOS kita tinggal jalankan saja berkas tumpak yang sudah kita buat sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat efektif daripada harus mengetikkan perintah-perintah yang sama, sehingga dapat menghemat waktu dan efisiensi.

Contoh Berkas Tumpak

Buka jendela perintah ("CMD.EXE"), ketik: "edit test.bat" dan tekan "enter"
Jika mengetiknya benar, maka layar akan menjadi biru. Dalam layar ketik:

pause
dir c:\windows
pause
dir c:\windows\system
pause

Setelah itu, Klik “file” kemudian “exit”. Ketika diminta untuk menyimpan, pilih atau klik “yes”. Pengguna yang tidak memiliki kursor mouse dapat melakukan hal tersebut dengan menekan Alt+F untuk mengakses menu “File”, lalu tekan “x” untuk exit dan “enter” untuk menyimpan perubahan.

Setelah anda kembali ke MS-DOS Prompt, ketik: tes dan tekan “enter”. 

Hal ini akan mengeksekusi file test.bat dan menjalankan file. Karena baris pertama adalah pause, maka Anda akan diminta untuk menekan tombol. Setelah itu, berkas tumpak akan berjalan baris demi baris.

Jika Anda ingin menambahkan baris perintah pada berkas tumpak, cukup dengan mengetikkan edit test.bat untuk mengeditnya, tetapi beberapa versi MS-DOS tidak memiliki perintah Edit. Jika hal ini terjadi, maka perlu mendapatkan file edit.com untuk mengakses file ini atau dengan copy con command.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال