Apa itu Cache Memory? Fungsi, Beserta Jenis Cache Pada Komputer

Mediawana.com - Halo sobat media? Jika Anda sebagai pengguna perangkat internet yang aktif, pastinya sudah tidak asing dengan apa itu cache memory.

Memory cache adalah sistem memori tambahan yang menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan oleh suatu sistem(data perintah).

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemrosesan yang lebih cepat pada CPU (central processing unit) komputer tanpa harus mengakses memori utamanya.

Apa Itu Cache Memory?

Seperti yang sudah dibahas diatas cache memory merupakan jenis memori komputer berukuran kecil yang menyediakan akses data instan yang berkecepatan tinggi ke prosesor.

Cache memory menyimpan sebuah program, aplikasi, dan data komputer yang sering digunakan. Inilah yang membuat pengambilan data melalui cache menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Memori cache merupakan memori tercepat pada komputer. Pada dasarnya, cache memory terintegrasi ke motherboard dan langsung tertanam dalam prosesor atau RAM.

Cache memory ini juga bertindak sebagai perantara antara RAM dan CPU. Setiap kali prosesor mengakses data untuk pertama kalinya pada sebuah komputer, salinan data akan dibuat dan dimasukkan ke dalam cache tersebut.

Ketika data itu diakses lagi, jika salinan tersebut ada dalam cache, salinan itu akan diakses terlebih dahulu sehingga kecepatan dan efisiensinya meningkat.

Jika tidak tersedia, maka memori yang lebih besar seperti RAM atau hardisk baru akan di akses oleh processor.

Singkatnya jika CPU menemukan data atau instruksi yang diperlukan dalam memori cache, perangkat tidak perlu mengakses memori utamanya (RAM).

Akibatnya, pemrosesan menjadi lebih cepat karena prosesor tidak harus menunggu pengambilan data dan instruksi dari RAM.

Maka dari itu semakin besar cache memory yang dimiliki oleh sebuah komputer, maka semakin cepat pula dan efisien kinerja pada perangkat tersebut.

Level Cache Memory

Memory caching pun mempunyai beberapa tingkatan memori level yang berbeda. Berikut penjelasannya.

  • Internal cache, level 1
memori cache internal yang terpasang pada processor, mempunyai proses tercepat dan harga yang mahal. Ukuran memori cache level 1 ini berukuran sekitar 8KB sampai 128KB.
  • External cache, level 2
memiliki kapasitas yang lebih besar dari 256 KB sampai dengan 2Mb. Meskipun begitu, cache L2 ini memang mempunyai proses yang lebih lambat dibandingkan L1.
  • Main memory, level 3
memori cache tempat komputer bekerja saat itu. Ukurannya kecil dan begitu daya dimatikan, data tidak lagi tersimpan di memori level 3.
  • Secondary memory, level 4
secondary memory adalah memori eksternal yang tidak secepat memori utama tetapi menyimpan memori dan data secara permanen.

Fungsi Cache Memory

Apa saja fungsi dari Cache Memory? berikut beberapa fungsi lain dari memori cache pada perangkat Anda.
  • Mempercepat proses akses data pada sebuah perangkat(Hardware).
  • Meringankan beban kerja processor pada perangkat.
  • Mempercepat kinerja dan performa memori pada perangkat.
  • Menjadi perantara antara CPU dan RAM, memori utama.

Jenis Cache

Umumnya caching merupakan sebuah sistem penyimpanan berkecepatan yang cukup tinggi yang menyimpan data dan instruksi sementara.

Dalam proses komputasi, caching sebenarnya mempunyai banyak jenis yang berbeda-beda. Cache memory ialah salah satunya.

Cache Disk

Disk cache adalah memori cache yang digunakan untuk mempercepat proses penyimpanan dan pengaksesan data dari hard disk host.

Cache disk ini memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat dari membaca/menulis, perintah dan proses input dan output lainnya antara hard disk, memori dan komponen komputasi.

Web Cache

Web caching adalah aktivitas menyimpan data seperti salinan halaman web yang dilayani oleh server web untuk digunakan kembali.

Setiap kali konten diunduh dari server asal, salinan disimpan di cache web untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh aturan caching yang Anda tetapkan.

Seandainya pengguna lain meminta konten yang sama lagi, cache web mengirimkan konten yang disimpan ke web penggunanya.

Cache Server

Server cache adalah server atau layanan jaringan khusus yang bertindak sebagai server yang menyimpan halaman web atau konten Internet lainnya secara lokal.

Dengan informasi yang diminta sebelumnya di penyimpanan sementara, server cache mempercepat akses ke data dan mengurangi penggunaan bandwidth.

Server cache juga memungkinkan pengguna untuk mengakses konten secara offline, termasuk file media ataupun dokumen lainnya.

Memori cache menyediakan penyimpanan dan akses data yang lebih cepat dengan menyimpan program dan data yang diakses secara rutin oleh prosesor.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال