Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer Beserta Fungsinya


Multi Processing dan Multi Threading

Mediawana.com - Pengertian Multi Processing dan Multi Threading pada komputer Beserta Fungsinya.

Multi Processing adalah sebuah sistem yang memungkinkan sistem operasi dapat menggunakan lebih dari satu CPU atau Central Processing Unit.

Pengertian Multi Processing

Pada Multi processing ini sudah didukung oleh hampir semua sistem operasi yang ada saat ini, karena selain perkembangan dari sistem operasi itu sendiri juga karena berkembangnya perangkat keras komputer khususnya adalah processor.

Komputer dapat memproses dan mengolah data menggunakan lebih dari CPU sehingga waktu proses data semakin cepat.

Pengertian Multi Threading

Multi threading merupakan sistem yang memungkinkan pada setiap program dapat dipecah ke dalam thread-thread yang nantinya dapat dijalankan secara terpisah oleh sebuah sistem operasi pada komputer. Kemampuan seperti ini termasuk dalam multitasking pada aplikasi. 

Jenis Multi Threading

  • Thread pengguna adalah sebuah Thread yang pengaturannya dilakukan oleh pustaka thread pada tingkatan dari pengguna. Karena pustaka yang menyediakan fasilitas untuk pembuatan dan penjadwalan pada thread, thread pengguna cepat dibuat dan dikendalikan.
  • Thread Kernel merupakan thread yang didukung langsung oleh kernel (Kernel adalah modul utama dari operating system sebuah hardware). Pembuatan, penjadwalan dan manajemen thread dilakukan oleh kernel pada kernel space. Karena dilakukan oleh sistem operasi, proses pembuatannya akan lebih lambat jika dibandingkan dengan thread pengguna.

Jenis - Jenis Multi Threading

  • Model Many-to-One Model ini memetakan beberapa thread tingkatan pengguna ke sebuah thread. tingkatan kernel. Pengaturan thread dilakukan dalam ruang pengguna sehingga efisien. Hanya satu thread pengguna yang dapat mengakses thread kernel pada satu saat. Jadi Multiple thread tidak dapat berjalan secara paralel pada multiprosesor. Misalnya : Solaris Green Threads dan GNU Portable Threads.
  • Model One-to-One model ini memetakan setiap thread tingkatan pengguna ke setiap thread. Ia menyediakan lebih banyak concurrency jika dibandingkan dengan model Many-to-One. Keuntungannya sama dengan keuntungan thread kernel. Kelemahan dari model One-to-One yaitu setiap pembuatan thread pengguna memerlukan tambahan thread kernel. Maka dari itu, jika mengimplementasikan sistem ini maka akan menurunkan peforma atau kinerja dari sebuah aplikasi sehingga biasanya jumlah thread dibatasi dalam sistem. Contoh: Windows NT/XP/2000 , Linux, Solaris 9.
  • Model Many-to-Many model ini multipleks banyak thread tingkatan pengguna ke thread kernel yang jumlahnya sedikit atau sama dengan tingkatan pengguna. Model ini mengizinkan developer membuat thread sebanyak yang ia mau tetapi concurrency tidak dapat diperoleh karena hanya satu thread yang dapat dijadwalkan oleh kernel pada suatu waktu. Keuntungan dari sistem ini ialah kernel thread yang bersangkutan dapat berjalan secara paralel pada multiprosessor.

Multi Threading yakni sistem yang memungkinkan setiap program dapat dipecah ke dalam thread-thread yang nantinya dapat dijalankan secara terpisah oleh sebuah sistem operasi pada komputer. Kemampuan seperti ini termasuk dalam multitasking pada aplikasi.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال