Pengertian Southbridge Beserta Fungsinya

Pengertian Southbridge

Mediawana.com - Southbridge adalah komponen chipset komputer yang berfungsi untuk membantu CPU agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen lainnya. 

Pada motherboard. Hal ini berfungsi untuk mengontrol I / O atau perangkat input dan output yang lebih lambat. Ini termasuk semua hard drive dan slot ekspansi, USB, FireWire, RAID, codec audio, jam sistem waktu nyata, manajemen daya sistem, pengontrol interupsi, pengontrol akses memori langsung (DMA), dan memori BIOS. Chip Southbridge kadang-kadang disebut I/O Controller Hub (ICH) atau Platform Controller Hub (PCH).

Pengertian Southbridge

Southbridge merupakan salah satu dari dua chip dalam chipset logika inti pada motherboard atau mainboard komputer pribadi, yang lainnya adalah northbridge. Southbridge biasanya mengimplementasikan kemampuan motherboard yang lebih lambat dalam arsitektur komputer chipset northbridge / southbridge.

Fungsi Southbridge

Tugas utama dari chipset ini yaitu untuk mengontrol atau mengatur bus IDE, USB, dukungan PnP (Plug and Play), penghubung antara PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse serta sebagai fitur power management pada perangkat lain. 

Maka dari itu hal ini sering disebut dengan Southbridge dan Northbridge, meskipun arsitektur saat ini sudah menggantikan tulang punggung bus PCI dengan bus I/O yang lebih cepat.

Fungsi Southbridge

  • PCI bus. Dukungan PCI bus termasuk spesifikasi PCI tradisional, tetapi juga termasuk dukungan untuk PCI-X dan PCI Express.
  • ISA bus atau LPC Bridge . Meskipun dukungan ISA jarang digunakan , telah berhasil tetap menarik menjadi bagian yang terintegrasi pada southbridge modern . Jembatan LPC menyediakan jalur data dan kontrol ke Super I / O (lampiran normal untuk keyboard, mouse, port paralel, port serial, port inframerah, dan controller floppy) dan FWH (firmware hub yang menyediakan akses ke BIOS flash storage).
  • SPI bus . Bus SPI adalah bus serial sederhana banyak digunakan untuk firmware (misalnya BIOS) flash storage access.
  • SMBus . SMBus ini digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di motherboard (misalnya sistem sensor suhu , pengendali kipas).
  • DMA controller . Kontroler DMA memungkinkan LPC ISA atau akses langsung ke perangkat memori utama tanpa perlu bantuan dari CPU.
  • Interrupt controller seperti 8259A dan / atau I / O APIC . The interrupt controller memberikan sebuah mekanisme untuk perangkat terpasang untuk mendapatkan perhatian dari CPU.
  • Penyimpanan massal controller seperti PATA dan / atau SATA . Hal ini biasanya memungkinkan lampiran langsung dari drive sistem drive.
  • Real-time clock .  Real-time clock  memberikan laporan waktu persisten.
  • Manajemen daya (APM dan ACPI) . APM atau ACPI fungsi memberikan metode dan signaling untuk mengizinkan komputer tidur atau menutup untuk menghemat daya .
  • BIOS nonvolatile memori . CMOS sistem , dibantu oleh tambahan daya baterai membuat wilayah non-volatile penyimpanan yang terbatas untuk data konfigurasi sistem.
  • AC'97 atau Intel High Definition Audio antarmuka suara.
  • Out-of-band manajemen kontroler seperti BMC atau HECI.

Processor yang Menggunakan Southbridge

Chipset ini merupakan pasangan dari prosesor yang menggunakan socket AM3/AM3+. Chipset seri 9 dari AMD masih menggunakan kombinasi dari Northbridge dan SouthBridge. 

Terdapat 3 pasang kombinasi dari NorthBridge dan SouthBridge yaitu 990FX + SB950, 990X + SB950 dan 970 + SB950. Apa yang membedakan ketiga kombinasi diatas dari satu sama lain? Mari kita simak tabel dibawah ini.

Jika kita lihat diatas ketiganya hampir identikal. Yang membedakan adalah kemampuan chipset untuk menjalankan konfigurasi multi graphic card. Pada chipset 970, kemampuan ini tidak dihadirkan.

Sedangkan untuk kombinasi 990X + SB950 mampu mendukung dua graphic card berjalan dalam konfigurasi Crossfire. Kemampuan menjalankan empat buah graphic card sekaligus hanya hadir pada chipset 990FX.

Kesimpulan

Jadi Southbridge salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lainnya. Selain itu Chip lainnya adalah Northbridge.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال